Apa Itu Social Distancing?
Social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Kini, istilah social distancing sudah diganti dengan physical distancing oleh pemerintah.
Ketika menerapkan social distancing, seseorang tidak diperkenankan untuk berjabat tangan serta menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang sakit atau berisiko tinggi menderita COVID-19.
Selain itu, ada beberapa contoh penerapan social distancing yang umum dilakukan, yaitu:
Bekerja dari rumah, sebagai karyawan dari downtown-squamish.com (work from home)
Belajar di rumah secara online bagi siswa sekolah dan mahasiswa
Menunda pertemuan atau acara yang dihadiri orang banyak, seperti konferensi, seminar, dan rapat, atau melakukannya secara online lewat konferensi video atau teleconference
Tidak mengunjungi orang yang sedang sakit, melainkan cukup melalui telepon atau video call
Persiapan untuk Melakukan Social Distancing
Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menjalani social distancing atau pembatasan sosial, yaitu:

  1. Merencanakan kegiatan
    Anda mungkin sudah terbiasa beraktivitas, misalnya belanja, tanpa perlu khawatir ramai atau tidaknya tempat yang Anda kunjungi. Namun, di masa pembatasan sosial ini, hal tersebut harus direncanakan ulang. Pasalnya, berkunjung ke tempat ramai akan meningkatkan risiko Anda terjangkit virus Corona.
    Jika Anda memang harus datang ke tempat umum, pilihlah waktu berkunjung di luar jam sibuk. Misalnya, ketika Anda ingin membeli kebutuhan rumah di pusat perbelanjaan, datanglah di siang hari pada hari biasa dan bukan di akhir pekan.
  2. Menyediakan obat-obatan yang diperlukan
    Jika Anda menderita penyakit tertentu dan sedang menjalani pengobatan, pastikan Anda memiliki persediaan obat yang biasa Anda gunakan. Bila perlu, pasok obat-obatan lain juga, misalnya paracetamol untuk meredakan nyeri dan demam. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak perlu pergi ke rumah sakit atau ke apotik jika obat tersebut habis.
  3. Memenuhi kebutuhan harian
    Persiapkan stok makanan, sabun, disinfektan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya dalam jumlah yang secukupnya. Hindari punic buying atau membeli barang secara berlebihan. Jika Anda dan anggota keluarga Anda sehat, tidak perlu menyiapkan stok masker.
    Saat membeli makanan, pilih dan konsumsilah makanan bergizi seimbang yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, seperti buah-buahan dan sayuran, kemudian simpan makanan yang sudah Anda beli di dalam wadah yang bersih dan letakkan di kulkas.
  4. Mempersiapkan akses internet
    Selama social distancing, internet merupakan salah satu penghubung Anda ke dunia luar. Oleh karena itu, penting bagi Anda menyiapakan akses internet dengan jaringan yang luas dan memiliki kecepatan stabil saat akan menjalani pembatasan sosial. Dengan akses internet yang berkualitas, Anda yang harus belajar atau bekerja di rumah bisa tetap terus produktif. Anda pun dapat dengan cepatnya update perkembangan situasi wabah yang sedang terjadi, lalu membagikannya ke orang-orang yang Anda kasihi.

Berselancar di dunia maya untuk menghibur diri ketika dilanda kebosanan, juga lebih mudah dilakukan apabila akses internet yang Anda miliki terjaga kecepatannya. Pada intinya, akses internet akan membantu Anda menuntaskan tanggung jawab dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Social distancing mungkin akan menyebabkan aktivitas Anda terganggu. Namun, cara ini cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona yang kini sedang mewabah.
SUMBER: alodokter.com