Top

Pelarangan Huawei oleh AS Jadi Keuntungan bagi Samsung

3

Pelarangan Huawei oleh AS Jadi Keuntungan bagi Samsung

Menurut Fitch Ratings Samsung akan diuntungkan oleh perang dagang AS dan huawai. Huawei telah mendapatkan larangan dari beberapa perusahaan di AS seperti Google, Intel, dan Qualcomm. Bahkan Samsung diprediksi akan meningkatkan pangsa pasar ponsel pintarnya.

“hilangnya akses ke sistem operasi Google Android dapat secara signifikan merusak penjualan smartphone Huawei Technologies Co. Ltd. di luar China, yang dapat membantu samsung meningkatkan pangsa pasarnya,” kata pihak Fitch Ratings, seperti dilansir dari laman Manila Times, Selasa (28/5/2019).

Huawei diketahui telah meningkatkan pangsa pasar ponselnya dari tahun ke tahun, bahkan mengalahkan Apple dengan berada diurutan kedua. Mengutip data dari International Data Corp, meskipun pasar smartphone secara struktural melemah, pengamat utang mencatat bahwa Huawei melihat pertumbuhan volume yang kuat sebesar 50 persen tahun-ke-tahun.

Fitch Ratings mengatakan Huawei telah meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 19 persen pada kuartal pertama dari 12 persen tahun sebelumnya. Samsung, di sisi lain, mengamankan pangsa pasar 23 persen, tetapi segmen handsetnya mengalami penurunan volume sebesar 8,1 persen menjadi 71,9 juta unit yang dikirimkan pada periode tersebut.

“Pembatasan pada perusahaan AS yang menyediakan perangkat keras, perangkat lunak, dan komponen untuk bisnis smartphone Huawei dapat membangkitkan industri smartphone dengan menghentikan momentum positif Huawei,” kata Fitch Ratings.

Menurut Fitch Ratings, konsumen yang terbiasa dengan sistem operasi Android cenderung mempertimbangkan untuk membeli merek ponsel pintar selain Huawei, dan Samsung dapat memulihkan pangsa pasar terutama di daerah seperti Eropa, Asia, Cina, dan Amerika Selatan, di mana huawai mencapai sebagian besar pertumbuhannya dalam kuartal terakhir.

Larangan itu juga dapat membuka jalan bagi Samsung untuk memimpin dalam pengembangan smartphone Fifth Generation (5G), menurut unit Fitch.

Sumber : techno.okezone.com

No Comments

Post a Comment