Top

Android Q Perkenalkan Fitur Baru: Live Caption sampai Mode Focus

2

Android Q Perkenalkan Fitur Baru: Live Caption sampai Mode Focus

Google meluncurkan sistem operasi mobile terbarunya android q  versi beta. Beberapa fitur baru diperkenalkan termasuk caption otomatis dan mode focus untuk membantu pengguna beraktivitas tanpa gangguan.

Untuk versi beta ini, Google belum mengumumkan kuliner yang akan digunakan sebagai nama resminya. Google selalu memberikan nama makanan untuk tiap versi Android berdasarkan abjad. Tiga versi OS Andorid terakhir diberikan nama Pie, Oreo, dan Nougat.

Sebagai sistem operasi untuk ponsel berteknologi terkini, Google menyatakan Android Q siap digunakan untuk smartphone lipat dan ponsel berteknologi 5G. Untuk smartphone lipat seperti Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X yang telah diluncurkan, Android Q mendukung aktivitas multi-tugas di beragam dimensi layar.

Android Q juga disiapkan untuk mendukung konektivitas yang lebih cepat sehingga bisa digunakan sebagai platform game berbasis teknologi 5G.

Dalam sistem operasi Android Q, Google juga memperkenalkan fitur Live Caption. Fitur ini secara otomatis menerjemahkan suara yang dimainkan melalui smartphone menjadi teks di layar.

Google menyatakan Live Caption bisa digunakan untuk media video, podcast, pesan audio, dan panggilan suara. Teks muncul tanpa mempergunakan koneksi data melalui seluler atau Wi-Fi. Ini juga berarti privasi bagi pengguna karena fail audio tidak diterjemahkan secara eksternal.

Lewat Android Q, Google juga memberikan keleluasaan lebih bagi pengguna untuk melindungi privasi dengan pengaturan berbagi lokasi. Pengguna, misalnya, bisa memilih hanya berbagi lokasi dengan aplikasi yang sedang digunakan. Ada juga notifikasi jika sebuah aplikasi mengetahui lokasi pengguna di latar belakang.

Sumber : tekno.tempo.co

No Comments

Post a Comment