Top

Sensor Sidik Jari Galaxy S10 Diakali Pakai Printer 3D

sensor-sidik-jari-galaxy-s10-diakali-pakai-printer-3d-jv8p3edfja

Sensor Sidik Jari Galaxy S10 Diakali Pakai Printer 3D

Smartphone terkini dilengkapi dengan fitur keamanan, sehingga perangkat lebih aman ketika ponsel jatuh di tangan pencuri atau orang asing. Dengan fitur keamanan seperti sensor sidik jari, tentu hanya pengguna asli yang bisa membuka perangkat dengan jari yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Untuk membuka ponsel yang terkunci melalui sensor sidik jari, pengguna tinggal menempelkan jari pada titik sensor. Rupanya, teknologi sensor ini bisa diakali pada ponsel yang memiliki sensor sidik jari dalam layar, yakni dengan menggunakan sidik jari buatan yang diciptakan dengan printer 3D.

Dilansir Businesstimes, Senin (8/4/2019), keamanan sidik jari Samsung Galaxy S10 secara mengejutkan diretas oleh sidik jari tercetak menggunakan printer 3D.

Posting Imgur oleh pengguna bernama darkshark membuktikan bahwa pertimbangan ulang harus dilakukan dalam mengandalkan terutama pada keamanan sensor sidik jari ponsel, tepatnya Samsung Galaxy S10.

Posting-an menunjukkan bagaimana pengguna dapat membuka kunci ponsel cerdasnya tanpa jari telanjang menyentuh sensor sidik jari.

Pada video 20 detik yang bertuliskan, “Saya berusaha mengelabui pemindai sidik jari ultrasonik Samsung Galaxy S10 baru dengan menggunakan pencetakan 3D. Saya berhasil,” pengguna darkshark Imgur mengungkapkan bagaimana ia berhasil membuka Samsung Galaxy S10.

Dalam video, ia menggunakan sarung tangan untuk memastikan bahwa itu bukan sidik jarinya yang dideteksi oleh sensor. Darkshark menguraikan pekerjaannya dimulai dengan mengambil foto sidik jarinya pada gelas anggur menggunakan kamera DSLR. Menggunakan Photoshop, ia meningkatkan kontras sidik jarinya.

Darkshark menciptakan perpindahan geometri dari gambar Photoshopped menggunakan 3ds Max. Menggunakan printer resin AnyCubic Photon LCD dengan akurasi hingga 10 mikron, ia menghasilkan salinan cetak 3d sidik jarinya lengkap dengan bahkan detail terkecil.

Hanya butuh 13 menit baginya untuk menyelesaikan seluruh proses pencetakan.

Sumber : techno.okezone.com

No Comments

Post a Comment