Top

Di Google Image Hasil Pencarian Bakal Berhias Iklan

image

Di Google Image Hasil Pencarian Bakal Berhias Iklan

Google tengah menguji fitur iklan “belanja online” pada layanan Google Image mereka. Dengan fitur ini, para pengiklan dan pemegang merek bisa menambahkan overlay untuk langsung menerakan label dan harga pada gambar bersponsor. Jadi, tidak semua foto di hasil pencarian yang ditempeli harga.

Ketika pengguna melakukan pencarian di Google Image, foto-foto iklan bisa ikut ditampilkan di hasil pencarian. Foto iklan ini langsung menampilkan harga barang produk itu.

Label pada gambar itu bisa berisi nama produk, harga, dan keterangan lain, misal ketika produk tengah dijual dengan harga promosi atau bebas biaya pengiriman. Pengguna pun bisa langsung diarahkan ke laman belanja online dari laman Google Image.

Overlay harga ini bisa diterapkan untuk beberapa produk sekaligus di dalam foto. Serupa dengan fitur Shopping Instagram yang saat ini tengah diuji di Indonesia. Kini, Google menyebut tengah menguji fitur tersebut dengan beberapa peritel dan sebagian kecil pengguna.

“Saat ini pengujian fitur ini dibatasi untuk kata kunci seperti “home office ideas” (ide dekorasi rumah dan kantor), “shower tile designs” (desain keramik kamar mandi), “abstract art” (karya seni abstrak),” seperti ditulis Surojit Chatterjee, Product Management and Shopping Google dalam tulisan di blog Google.

Google pun rencananya akan menambah lebih banyak kategori belanja online dalam beberapa bulan mendatang.

Selain itu, Google juga tengah mengembangkan fitur iklan Showcase Shopping. Fitur ini akan tampil sebagai pilihan yang bisa digeser di bagian atas hasil pencarian gambar (Google Images). Gambar yang tampil akan disesuaikan dengan kata kunci pencarian yang dilakukan pengguna.

Langkah ini dilakukan, karena menurut studi yang dilakukan Google, setengah dari pembelanja online mencari dan sangat terpengaruh dengan gambar ketika melakukan pembelian. Sehingga para pembelanja online ini tidak hanya melakukan pencarian belanja online di laman pencarian Google saja, tapi mulai beralih ke Google Image.

Di perangkat mobile seperti smartphone, Image Search juga dilengkapi dengan fitur Google Lens. Aplikasi ini bisa membantu pengguna bisa mencari produk lain yang memiliki kemiripan dengan produk yang diinginkan lewat teknologi pengenalan gambar.

(eks/eks)

Sumber : cnnindonesia.com

No Comments

Post a Comment