Top

Ponsel Gaming Gahar yang Serba Bisa yaitu ROG Phone

rog

Ponsel Gaming Gahar yang Serba Bisa yaitu ROG Phone

Apa yang terlintas di kepala kalian ketika mendengar nama ROG Phone? Pasti ‘gaming banget’. Mungkin itu jadi salah satu opini pembuka mengenai ponsel tersebut.

Kenyataannya, smartphone ini memang sangat kental gaming-nya, baik dari desain, UI, fungsi, hingga performanya.

Meski demikian, ROG Phone buatan Asus ini bukan sekadar ponsel gaming yang dipakai untuk main game. Satu lagi, semua orang bisa menggunakan perangkat ini, bukan cuma gamer.

Untuk mengetahui lebih lanjut seluk beluk dari ponsel ini, detikINET pun berkesempatan mencobanya. Lantas, seperti apa pengalaman menggunakan smartphone ini? Mari kita mulai dari desainnya.

Desain yang Gaming Banget

Ya, tak ada kalimat yang bisa lebih menjelaskan desain dari ROG Phone selain ‘gaming banget’. Dari depan, ada dua front facing speaker yang diberikan aksen warna jingga sehingga membuatnya stand out. Selain itu, tidak ada notch di bagian atas layar ponsel ini.

Di bagian samping smartphone yang terbuat dari metal ada sejumlah ‘tato’ sebagai penanda untuk Air Trigger. Lalu, slot dual sim card dan microSD ditempatkan di sisi kanan.

Dekat slot itu, ada port untuk memasang kipas pada perangkat ini. Di sisi sebrangnya, tersemat tombol volume dan power.

Lalu, logo ROG yang bisa menyala terpampang cukup besar di bagian belakang. Di atasnya, ada pemindai sidik jari dengan bentuk tak biasa, yaitu seperti segi enam yang memanjang, dan ditemani dua kamera serta flash dengan ‘wadah’ berbentuk serupa fingerprint scanner.

Sebagai pelengkap, dua ventilasi dengan warna jingga membuatnya semakin gahar. Untuk diketahui, bodi belakang smartphone ini didominasi material kaca, dengan tambahan aluminium di sekitar ventilasi. Di bagian bawah, ada USB Type-C dan audio jack 3.5 mm.

Secara keseluruhan, bentuknya nyaman untuk digenggam, Baik dengan satu atau dua tangan. Hanya saja, ponsel ini cukup terasa berat ketika digunakan dengan satu tangan sehingga lumayan kurang nyaman untuk digunakan dalam waktu lama.

Selain itu, ponsel ini lumayan licin, jadi disarankan untuk menggunakan casing tambahan agar memberikan grip lebih.

Layar dan Speaker yang Memanjakan

Pengalaman gaming yang baik tentu butuh layar yang mantap. Hal ini disadari oleh Asus, sekaligus mengimplementasikannya di ROG Phone.

Ponsel ini punya layar AMOLED berukuran 6 inch dan resolusi 2160×1080 pixel. Agar tidak terlalu kaku, sudut-sudut display dibuat sedikit melengkung.

Dengan layar sedemikian rupa, pengguna pun bisa menonton video kualitas 1080p60 HDR di YouTube. Film kualitas HDR di Netflix pun bisa dinikmati di sini.

Detail pada game juga ditampilkan dengan baik pada layar ROG Phone. Sejumlah judul game seperti Modern Combat 5 serta Oceanhorn, ketika dimainkan di sini, kualitas gambarnya serasa sedang bermain di PC atau konsol.

Layar yang mumpuni itu disokong dengan speaker yang menggelegar. Dua front facing yang dimiliki ROG sudah didukung oleh DTS (Digital Theater System). Suara yang dihasilkan keras, baik itu saat bermain game, menonton, atau sekadar mendengarkan lagu.

Performa Menjanjikan

Dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dan GPU Adreno 630, tak ada kekhwatiran sama sekali untuk menjalankan aplikasi di perangkat ini.

Semua tugas dijalankan dengan baik, seperti saat menjalankan dua aplikasi sekaligus. Terlebih, RAM-nya besar. Kebetulan detikINET mendapat versi 8GB.

Ketika detikINET mencobanya untuk menjalankan tes menggunakan Geekbench, ROG Phone mendapat skor 2513 (single-core) dan 9357 (multi-core) dalam kondisi X Mode dimatikan. Sedangkan ketika dinyalakan, maka skornya menjadi 2540 (single-core) dan 9507 (multic-core).

Soal baterai, dengan kapasitas 4.000 mAh, seharian tidak membawa power bank atau bertemu colokan pun tak masalah selama masih dalam penggunaan normal.

Kalau dimainkan terus menerus, baterainya akan habis dalam waktu 7-9 jam, dengan kecenderungan habis pada 8 jam.

Sedangkan jika bicara keamanan, pemindai wajah dan sidik jari pada ponsel ini responsnya cukup cepat. Satu catatan, dengan bentuk dan letak tak biasa, jari sering meleset ketika ingin menyentuh pemindai sidik jari dan malah nyasar ke kamera. Walau demikian, seiring berjannya waktu, kejanggalan itu bisa teratasi.

Lalu, pada UI, dengan mengusung tema Android One yang dimodifikasi, aksen bingkai pada aplikasi bawaan menguatkan nuansa gaming di ponsel ini. Selain itu, tema-tema default-nya juga sangat gahar.

Pengalaman Gaming Luar Biasa

Fortnite, PUBG Mobile, Asphalt 9, UFC, Mobile Legend: Bang Bang, semua judul game bisa dilibas dengan smartphone ini. Tak ada masalah sama sekali yang timbul.

Hanya saja, bobot dari ponsel ini yang lumayan membuat jari terasa pegal ketika bermain terlalu lama. Selain itu, panas yang dihasilkan juga lumayan terasa.

Untuk mengakali hal yang disebutkan terakhir, pengguna bisa menggunakan kipas khusus yang disediakan Asus dalam boks.

Bicara soal pengalaman gaming dari ROG Phone, ada X Mode yang berguna untuk meningkatkan kinerja CPU, GPU, dan membersihkan RAM. Hal ini membuat pengalaman gaming menjadi lebih baik karena ponsel fokus dalam menjalankan satu game itu saja.

Konsekuensinya, baterai jadi lebih cepat habis. Begitu juga dengan suhu ponsel yang makin cepat panas. Sejatinya, tanpa mengaktifkan X Mode pun, pengalaman gaming di perangkat ini sudah sangat Baik.

Untuk mengaktifkan X Mode, user bisa masuk ke aplikasi Game Center sekaligus melihat kecepatan CPU, GPU, serta berapa banyak memori yang digunakan atau tersedia.

Kalau mau lebih keren, penggunanya juga bisa meremas Air Triggers di sisi kiri dan kanan ponsel untuk menyalakan X Mode.

Terkait Air Triggers, fitur ini mempunyai pengaturan yang memungkinkan penggunanya mengubah fungsinya ketika diremas sebentar atau lama. Kekuatan remasannya juga bisa diatur sesuka hati.

Lebih lanjut, Air Triggers juga dapat menjadi seperti tombol R1 Dan L1 pada PlayStation. Ini memberikan pengalaman tersendiri dalam bermain game, misalnya pada PUBG Mobile.

Pindah ke Game Genie, ini gunanya banyak sekali. Satu yang paling penting tentunya memblokir notifikasi ketika sedangkan bermain. Personifikasi tiap game, terkait penyesuaian kinerja ponsel, juga bisa dilakukan di sini. Lalu, Dari sini juga user bisa melakukan live stream, baik lewat YouTube maupun Twitch, dengan kualitas hingga 1080p.

Sebagai pelengkap, di dalam Game Center ada pengaturan lampu LED di bodi belakang ROG Phone. User bisa menentukan seberapa cepat temponya berubah, serta nuansa warnanya. Sekadar info, ia hanya bisa menyala ketika X Mode diaktifkan.

Kamera Memuaskan

Satu aspek yang tentunya tidak bisa dilewatkan adalah kamera. Mengingat statusnya sebagai ponsel gaming, sebenarnya ekspektasi tinggi tidak ditujukan untuk kamera pada ROG Phone.

Walau demikian, hasil jepretannya juga tak kalah dengan kemampuan gamingnya. Satu yang patut diacungi jempol adalah, kameranya sangat mumpuni untuk menangkap gambar bergerak, misalnya mobil, bahkan dalam mode auto sekalipun.

Selain itu, ada mode super resolution yang menghasilkan gambar lebih tajam dengan resolusi 49 MP. Pada malam hari atau minim cahaya, hasilnya juga lumayan terang. Lampu atau neon yang masuk frame tidak memberikan noise yang menggangu.

Untuk video, kualitas yang dihasilkan bisa mencapai 4K. Lalu, ada juga slow motion hingga kualitas FHD. Sekadar info, kamera belakang utama ROG Phone memiliki kualitas 12 MP dengan aperture lebar f/1.7 dan kamera keduanya berukuran 8 MP. Sementara untuk berselfie ada kamera 8MP. Berikut adalah contoh foto kamera ROG Phone.

Opini detikINET

ROG Phone benar-benar memuaskan hasrat untuk bermain game pada ponsel. Performa mantap kualitas speaker dan layar yang memanjakan, serta ketahanan baterai yang oke.

Kehadiran Game Center dengan segala fungsinya pun semakin menunjang pengalaman bermain game di sini. Selain itu, kameranya juga baik, walaupun hasil fotonya sedikit lebih unggul ketimbang videonya.

Hanya saja, bobotnya yang lumayan berat membuatnya kurang nyaman untuk dipegang dalam waktu lama, baik itu secara portrait maupun landscape. Selain itu, walau punya sistem pendingin, rasa panas pada ponsel tetap lumayan mengganggu ketika digunakan untuk bermain dalam waktu lama.

(rns/rns)

Sumber : detik.com

No Comments

Post a Comment