Top

Ilmuwan Temukan Objek Terjauh di Tata Surya Setelah Cari Planet ke-9

planet1

Ilmuwan Temukan Objek Terjauh di Tata Surya Setelah Cari Planet ke-9

Pada Desember tahun lalu, ditemukan sebuah objek luar angkasa bernama Farout, atau FarOut, yang disebut sebagai benda terjauh dan terluar di Tata Surya. Tak sampai tiga bulan ia memegang rekor tersebut, kini muncul objek baru yang gantian menyandang titel itu.

Menariknya, keduanya ditemukan oleh orang yang sama, yaitu Scott Sheppard dari Carnegie Institution for Science, Washington DC, Amerika Serikat. Hal tersebut tentu jadi berkah sendiri baginya yang memang sedang mencari planet penghuni ujung Tata Surya.

Ia bersama timnya sedang mencari apa yang disebut sebagai Planet Nine. Itu adalah sebutan bagi planet yang berada jauh di luar Pluto, atau bisa dibilang di ujung Tata Surya, dan diperkirakan memiliki massa 10 kali Bumi.

Posisi FarFarOut terhadap Matahari diketahui 140 kali lebih jauh ketimbang Bumi dengan bintang tersebut. Sedangkan pendahulunya, yaitu FarOut, posisinya terhadap Matahari ‘hanya’ 120 kali jarak antara Bumi dengan pusat Tata Surya itu.

“Ini sangat redup; ini berada di ujung kemampuan kita dalam melacaknya,” ucap Sheppard, sebagaimana detikINET kutip dari The Guardian, Selasa (26/2/2019).

“Kami belum mengetahui apa pun mengenai orbit dari objek ini, kami cuma tahu itu sangat, sangat jauh,” katanya menambahkan.

(mon/krs)

Sumber : detik.com

No Comments

Post a Comment