Top

Ada 5 Cara Membersihkan Mika Lampu yang Buram Di Mobil

mobil

Ada 5 Cara Membersihkan Mika Lampu yang Buram Di Mobil

Lampu depan mobil bisa berubah warna menjadi kuning atau kusam seiring usia mobil. Ini menyebabkan cahaya yang keluar ‘tersendat’.

Ketika kita mendapati lampu mobil bagian luar kusam, coba bersihkan sendiri di rumah. Tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk menjaga sistem pencahayaan mobil kembali menjadi bersinar. Berikut caranya:

Siapkan Peralatan

Peralatan yang kita butuhkan tidak banyak, hanya lap bersih yang permukaannya halus, air dengan sabun, kompon, cairan pembersih, serta sikat dan ukuran amplas 1500.

Sedangkan cairan pembersih dapat menggunakan car wax atau produk cairan pembersih lain, yang dengan mudah kita dapatkan di toko.

Tahap Pencucian

Sebelum mulai mencuci mika menggunakan air sabun, kita harus menggosok lampu dengan kain lap atau sikat terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan jamur yang menempel. Setelah itu lap permukaannya hingga kering.

Kemudian, yang harus dilakukan hanya perlu mengoleskan kompon atau carian pembersih pada permukaan mika. Baru gosok menggunakan kain lap bersih dengan gerakkan memutar lalu tunggu hingga mengering. Kemudian gosok lagi permukaan mika agar lebih halus dan bening seperti semula.

Jika Ada Baret

Bila terdapat goresan-goresan halus, kita dapat menggunakan ampelas 1500. Gosok bagian yang tergores dengan ampelas menggunakan air serta cairan alkohol hingga goresan tidak terlihat.

Untuk menghindari permukaan cat bodi mobil tergores amplas, maka daerah sekitar lampu dapat ditutupi dengan kain. Jika dirasa perlu, maka kita dapat menggunakan amplas yang sudah dibasahi air.

Jika Mika Menguning

Pada mika yang buram karena menguning, selain membersihkan dengan kompon, kita bisa membersihkannya dengan pasta gigi.

Oleskan pasta gigi secara merata di bagian yang menguning atau buram. Setelah dioles kita bisa membersihkannya menggunakan lap, kanebo atau microfiber, setelah itu bilas menggunakan air bersih lalu keringkan.

Tahap Akhir

Setelah membersihkan lampu kaca mobil dengan langkah-langkah di atas, kini saatnya memeriksa kondisi kaca lampu depan mobil. Perhatikan baik-baik, dan pastikan semua kotoran, goresan serta noda kuning sudah bersih dari kaca rumah lampu.

Jika dirasa kurang puas pada saat pengecekan, kita juga dapat mengeceknya dengan cara menyalakan lampu depan mobil dan mengatur arah sorotan cahaya, misal ke dinding garasi ataupun ke permukaan datar lainnya.

Jika masih kurang puas, kita dapat membersihkan ulang kaca lampu mobil hingga dirasa sudah benar-benar bersih, mengutip situs resmi Toyota Indonesia. (ryh/mik)

Sumber: cnnindonesia.com

No Comments

Post a Comment