Top

Saat Ini Kondisi Biota Laut Selat Pantar akan Diteliti

pantai

Saat Ini Kondisi Biota Laut Selat Pantar akan Diteliti

Insiden kapal tanker Ocean Princess yang karam di perairan Pulau Alor, Jumat (28/12), membuat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membentuk tim untuk menginvestigasi kerusakan biota laut.

Ketua Tim Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Nusa Tenggara Timur, Saleh Goro, mengatakan tersebut akan bergabung dengan tim dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT, TNI Angkatan Laut, DKP, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Alor, serta WWF Indonesia untuk bersama melakukan investigasi lapangan.

“Kami masih menunggu tim dari KKP dan KLH. Mereka berjumlah 20 orang, termasuk tim ahli, untuk sama-sama berangkat ke Alor,” kata Saleh Goro, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (8/12).

Ia mengatakan investigasi ini penting dilakukan, mengingat lokasi karamnya kapal berada pada wilayah Suaka Alam Perairan (SAP) Selat Pantar dan laut sekitarnya.

Selain melakukan investigasi menyeluruh terkait kerusakan, tim ini juga akan menghitung valuasi ekonomi akibat kerusakan biota laut di wilayah perairan laut SAP.

“Hasil investigasi dan menghitung valuasi ekonomi akan disampaikan kepada perusahaan untuk kepentingan ganti rugi,” katanya

“Investigasi awal memang menemukan ada kerusakan biota laut, tetapi harus ada tim ahli yang turun ke lokasi, dan saat ini tinggal menunggu tim dari Jakarta.”

Ocean Princess karam di wilayah perairan laut sekitar Desa Aemoli, pesisir kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada, dalam pelayaran dari Dili, Timor Leste menuju Singapura.

Kapal berbendera Kepulauan Cook tersebut membawa bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar. Kapal yang dinahkodai Kapten Ahira Sroyer itu disertai 18 anak buah kapal (ABK).

Suaka Alam Perairan (SAP) Selat Pantar merupakan destinasi wisata kebanggaan masyarakat Alor, tempat ini layaknya surga bagi mereka yang berhobi diving.

Ada 26 titik menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut dari Selat Pantar Alor. Beberapa yang populer adalah half moon bay, peter’s prize, crocodile rook, shark close.

Sumber :  cnnindonesia.com

No Comments

Post a Comment