Top

Untuk Mengukur Hutan Dunia NASA Andalkan Satelit

satelit

Untuk Mengukur Hutan Dunia NASA Andalkan Satelit

Hutan sering disebut sebagai paru-paru planet karena memproduksi banyak oksigen. Tapi hutan juga menyimpan banyak karbon. Para ilmuwan NASA ingin tahu pasti berapa banyak karbonnya, karena itu mereka baru saja meluncurkan sebuah satelit yang akan mengukurnya.

Para ilmuwan mengatakan pepohonan menyimpan biomassa dunia.

“Ketika bicara soal biomassa hutan, itu adalah berapa berat pepohonan. Apabila kita tahu biomassa-nya, berapa beratnya, separuh dari biomassa sebuah pohon adalah karbon,” kata Ralph Dubayah dari Program GEDI NASA menjelaskan.

Sejak lama para ilmuwan NASA ingin mengetahui berapa besar karbon penyebab pemanasan global yang tersimpan dalam pepohonan itu.

“Penting untuk memahami apa isi karbon dalam hutan sekarang. Kita perlu peta global yang baik yang bisa menunjukkan di mana karbonnya. Dan alasannya adalah karena setiap kali kita menebang pepohonan, kita akan melepaskan karbon ke atmosfer dan kita tidak tahu berapa banyak karbon yang dilepaskan,” papar Dubayah.

Kini mereka akan memperoleh peta global itu, berkat satelit seukuran kulkas yang diluncurkan pada awal Desember dan segera dikerahkan ke Stasiun Antariksa Internasional.

“GEDI adalah altimeter laser, jadi merupakan instrumen optikal aktif. Ada laser yang memancarkan pulsa cahaya menuju Bumi, kemudian direfleksikan dari Bumi dan kemudian kami menerima refleksinya,” kata Bryan Blair, ilmuwan instrument GEDI, memaparkan.

Dengan mengukur refleksi itu dengan pasti akan memungkinkan para ilmuwan menentukan dengan tepat ketinggian dan berat pepohonan dalam hutan dan lingkungan.

Dan hal itu juga akan membantu para ilmuwan untuk mengetahui seberapa banyak karbon disimpan, dan juga hal-hal seperti di mana ada ruang untuk menanam lebih banyak pohon, dan berapa banyak karbon dilepaskan ke atmosfer.

(ahl)

Sumber : okezone.com

No Comments

Post a Comment