Top

Sertifikat dari Uptime Institute di Terima Oleh Data Center Telkomsigma

data

Sertifikat dari Uptime Institute di Terima Oleh Data Center Telkomsigma

Telkomsigma baru saja ditetapkan sebagai penyedia data center yang mendapatkan sertifikat Tier IV Construction Facilities.

Anak perusahaan Telkom ini menjadi perusahaan pertama yang mendapat sertifikat tersebut di Indonesia.

Adapun sertifikasi itu diberikan oleh Uptime Institute, dan sekaligus melengkapi sertifikat Tier IV Certification of Design Documents yang sudah diperoleh sebelumnya.

Sekadar informasi, sertifikasi ini menandakan data center yang dimiliki Telkomsigma sudah dilengkapi jalur distribusi ganda untuk pasokan listrik.

Selain itu, data center ini juga dilengkapi sistem pendingin yang selalu aktif dan berfungsi.

“Diperolehnya sertifikasi ini menandakan data center Telkomsigma sudah sesuai dengan standar internasional,” tutur CEO Telkomsigma Iskriono Windiarjanto dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Menurut Iskriono, sertifikasi ini dilakukan mengingat adanya kebutuhan pasar akan data center Tier IV. Ia menuturkan setidaknya ada potensi 60 persen pasar yang membutuhkan data center dengan sertifikasi Tier IV.

SVP Business Data Center Telkomsigma, Sukoco Halim, lebih lanjut menuturkan, salah satu tujuan yang ingin dicapai dari sertifikasi ini adalah zero downtime. Maksudnya, data center ini dapat diakses terus-menerus tanpa gangguan.

Selain sertifikasi Tier IV Construction Facilities, Telkomsigma juga mendapat pengakuan dari Uptime Institute sebagai data center pertama di Asia Tenggara yang menerima Tier III Certification of Operational Sustainability tingkat Gold.

Dengan sertifikasi ini, kemampuan data center Telkomsigma dipastikan mendukung operasional yang lebih efektif. Tidak hanya itu, layanan yang ditawarkan Telkomsigma pada para konsumen juga lebih efisien.

Dalam kesempatan tersebut, Iskriono juga menuturkan proses sertifikasi Tier IV ini terbilang sangat menantang. Kendati demikian, karena prosesnya sendiri sudah dilakukan sejak tahun lalu, pihaknya telah belajar memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Adapun data center Tier IV yang dimiliki Telkomsigma ini berlokasi di Surabaya. Menurut Iskriono, saat ini sudah ada beberapa klien yang tertarik untuk memakainya.

“Sekarang sudah ada beberapa klien yang tertarik untuk memanfaatkan data center. Beberapa yang tertarik untuk menggunakannya adalah perusahaan finansial,” tuturnya menjelaskan.

Untuk sekarang, Telkomsigma sendiri sudah memiliki tiga data center kelas dunia yang berlokasi di Indonesia. Selain di Surabaya, data center tersebut juga berada di Sentul, Jawa Barat dan Serpong, Banten.

(Dam/Ysl)

Sumber : liputan6.com

No Comments

Post a Comment