Top

Dilelang, Komputer Generasi Pertama Apple-1 Laku Rp5,5 Miliar

software-sekolah-online-dilelang-komputer-generasi-pertama-apple-1-laku-rp55-miliar

Dilelang, Komputer Generasi Pertama Apple-1 Laku Rp5,5 Miliar

 Apple-1, generasi pertama komputer desktop besutan Apple terjual US$375 ribu atau sekitar Rp5,5 miliar (US$1=Rp14.900) dalam sebuah lelang yang dilakukan oleh RR Auction di Boston, Amerika Serikat.

Dilaporkan AFP, sebelum terjual, barang lawas ini telah mengalami perbaikan di sisi papan ketik (keyboard), antarmuka, hingga faktor pendukung lainnya. Kesemua komponen Apple-1 dibuat selayaknya ketika pertama kali diperkenalkan.

Lelang kali ini sebenarnya tidak mampu mengalahkan rekor untuk produk serupa yang terjual US$905 ribu pada tahun 2014.

Untuk mendanai proyek Apple-1, Jobs menjual VW Microbus- satu-satunya mobil yang dimiliki demi mendapatkan ratusan dolar dan Woz menjual kalkulator HP-65 seharga US$500. Apple-1 pertama kali dipamerkan ada Juli 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California. Komputer yang terjual merupakan satu dari 175 unit yang dipasarkan oleh dua pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak pada tahun 1976 dan 1977. Woz merancang sendiri desain untuk koomputer generasi pertama Apple Computer Company (kini bernama Apple Inc.).

Model awal Apple-1 sempat terjual seharga US$666,66 ketika dijual di toko komputer Byte Shop di Mountain View, California.

Awalnya, Jobs dan Woz mendesain Apple-1 sebagai papan sirkuit untuk dijual sebagai komponen pelengkap bagi penggemar elektronik. Namun belakangan Paul Terrell, pemilik Byte Shop bersedia membeli 50 unit Apple-1 jika Jobs dan Woz bersedia merakit produk mereka secara utuh sehingga pembeli tak perlu lagi menyolder satu per satu.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com

No Comments

Post a Comment