Top

Smartphone Turut Serta Dalam Perubahan Iklim

zzzz

Smartphone Turut Serta Dalam Perubahan Iklim

Ketika berpikir tentang perubahan iklim, muncul di benak kebanyakan orang adalah industri berat seperti minyak bumi, pertambangan dan transportasi. Jarang sekali tampaknya seseorang menunjuk teknologi komputer.

Dilansir dari The Conversation, banyak ahli yang melihat dunia cyber informasi dan teknologi sebagai penyelamat potensial dengan menggantikan banyak aktivitas fisik terhadap alternatif virtual rendah karbon.

Telah dilakukan inventarisasi yang teliti dan cukup mendalam tentang kontribusi ICT, termasuk perangkat seperti PC, laptop, monitor, smartphone dan tablet, serta infrastruktur seperti pusat data. Peneliti menemukan bahwa kontribusi relatif ICT terhadap total jejak global diperkirakan tumbuh dari sekira satu persen pada 2007 menjadi 3,5 persen pada 2020 dan mencapai 14 persen pada 2040.

Temuan lain yang membingungkan bahwa semua pertumbuhan luar biasa ini sebagian besar bersifat inkremental. Pada dasarnya menghancurkan harapan bahwa TIK akan membantu mengurangi jejak karbon global dengan mengganti kegiatan fisik dengan rekan virtualnya.

Hasil yang paling mengejutkan dari penelitian adalah kontribusi yang tidak proporsional dari smartphone relatif terhadap jejak ICT secara keseluruhan. Peneliti menemukan bahwa emisi relatif dari smartphone diperkirakan akan tumbuh dari 4% pada 2010 menjadi 11% pada 2020, mengecilkan kontribusi dari PC, laptop dan display komputer.

Dalam nilai yang pasti, emisi yang disebabkan oleh ponsel cerdas akan melonjak dari 17 menjadi 125 megaton setara dengan Co2 per tahun. Bagian terbesar dari hal ini bukan disebabkan oleh penggunaan perangkat, melainkan oleh produksinya.

Jika ingin membantu memerangi perubahan iklim, maka disarankan untuk berhenti mengganti ponsel setiap 2 tahun. Hal lain yang salah adalah rencana ponsel yang mendorong pengguna untuk mendapatkan smartphone baru setiap dua tahun.

Ini mempercepat laju di mana model lama menjadi usang dan mengarah ke jumlah limbah yang luar biasa. Perbandingan dengan jejak karbon di Kanada adalah sekira 730 MtCO2 pada 2016 dan diperkirakan akan turun pada 2020.

Walaupun pertumbuhan smartphone dan pusat data tidak berhubungan, tetapi itu adalah pertumbuhan yang melelahkan dalam komunikasi seluler.

Pertumbuhan yang luar biasa sekaligus tidak berkelanjutan dalam jejak emisi semua perangkat keras ini hanya ada untuk satu tujuan. Mendukung dan melayani dunia perangkat lunak. Dengan kata lain, perangkat keras yang melakukan pekerjaannya.

Di tingkat masyarakat ini harus menuntut agar semua pusat data berjalan secara eksklusif pada energi yang terbaru. Sedangkan di tingkat individu, dapat mendaur ulang ponsel yang lama, karena sejauh ini hanya satu persen dari smartphone yang di daur ulang.

Sumber : https://techno.okezone.com

No Comments

Post a Comment