Top

Jepang Gunakan Drone Untuk Untuk Mengingatkan Para Pekerja Lembur Untuk Segera Pulang

140210-gadget-drone-1453_a8d2d5455da6d86789192edb1b120939

Jepang Gunakan Drone Untuk Untuk Mengingatkan Para Pekerja Lembur Untuk Segera Pulang

Untuk saat ini, bekerja lembur sudah biasa dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan dan memenuhi tenggat waktu. Salah satu negara yang terkenal dengan para pekerjanya yang sering lembur adalah Jepang, bahkan di negara tersebut bekerja lembur sudah menjadi budaya kerja. Tidak mengherankan ini memiliki beberapa konsekuensi negatif terhadapnya, tapi juga merupakan sesuatu yang sedang diputuskan oleh pemerintah Jepang.
Seperti yang dilaporkan oleh Engadget, salah satu perusahaan Jepang bernama Taise telah menciptakan sebuah pesawat tak berawak atau drone. Pesawat tak berawak tersebut dirancang khusus untuk mengurangi waktu lembur. Jika biasanya drone digunakan untuk pengawasan dan keamanan, kini drone juga bisa untuk membantu mengantarkan pekerja yang bekerja lembur untuk pulang.

Lalu bagaimana cara kerjanya drone ini? Pada dasarnya pesawat tak berawak tersebut akan terbang mengelilingi kantor dan melantunkan lagu “Auld Lang Syne”, yang biasanya digunakan di Jepang untuk menunjukkan waktu tutup. Idenya, ketika para pekerja mendengar musik, mereka akan mendapatkan isyarat bahwa mungkin mereka telah bekerja terlalu lama dan sekarang saatnya untuk keluar. Selain itu, kebisingan dari pesawat tak berawak tersebut juga akan membuat pekerja agak sulit berkonsentrasi untuk bekerja, sehingga memaksa mereka untuk segera pulang. Taisei berencana untuk membuat pesawat tak berawak dan layanannya tersebut tersedia untuk perusahaan di Jepang mulai April 2018 dengan harga sekitar $ 443 per bulan. Namun saat ini belum diketahui seberapa efektif ide ini jika diterapkan di negeri matahari terbit, dimana para pekerjanya yang sudah terbiasa bekerja lembur.

Selengkapnya : https://www.beritateknologi.com

No Comments

Post a Comment