Top

Tip Membuat Judul Email yang Menarik

inimedia-tip-membuat-judul-email-yang-menarik

Tip Membuat Judul Email yang Menarik

Sebegitu kuatnya sebuah judul pada email. Dengan memanfaatkan tip-tip di bawah ini, diharapkan nantinya kamu dapat membuat sebuah judul email yang menarik bagi para pembaca.


Jangan sesekali mencoba untuk menjual sesuatu secara langsung

Kebanyakan orang membaca email mereka di pagi hari sembari menghabiskan kopi atau sarapan mereka. Hal terakhir yang mereka inginkan adalah melihat sebuah email yang tanpa ba-bi-bu mencoba untuk menjual produk — bahkan sebelum kopi mereka habis.

Mengutip pernyataan MailChimp

Berbicara tentang email marketing, judul terbaik akan menjelaskan isi email, dan judul terburuk akan mencoba untuk menjual apa yang ada di dalam email.

Do: Psst, kami membocorkan tip untuk meningkatkan traffic website kamu! Detail lebih lanjut di dalam email.
Don’t: Tingkatkan traffic website kamu hanya dengan Rp300 ribu!

Jangan melakukan spamming

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang menyenangi spamEmail spam biasanya dianggap terlalu hard sell atau bahkan salah target — yang berujung pada kebingungan si penerima email. Apabila kamu mengirimkan terlalu banyak email promosi kepada pelangganmu, bisa-bisa mereka akan menandai email yang kamu kirim sebagai sebuah spam. Ini akan merusak reputasimu dan membatasi eksposur brand yang kamu kelola.

Do: Lakukan beberapa taktik berikut ini untuk meningkatkan penjualan
Don’t: Raih omzet hingga Rp10 juta per hari mulai besok!

Jangan lakukan recycle terhadap judul email

Apabila kamu menemukan sebuah judul email yang benar-benar terbukti efektif, jangan pikir bahwa kamu dapat menggunakan cara tersebut berulang kali untuk efek yang sama.

Perlakukan judul email yang kamu buat seperti filter kopi — yang akan bekerja sempurna pada kali pertama penggunaannya, tetapi tidak untuk yang kedua kali.

Apa yang dapat kamu lakukan adalah melakukan standardisasi judul email, jadi konten yang kamu buat akan terlihat familier — bukan sama persis.

Contoh:
Tip Menulis #5: Rancang Judul dengan Emosi
Tip Menulis #6: Membuat Paragraf yang Menarik

KISS (Keep It Simple, Stupid…)

Judul di atas sudah cukup menjelaskan. Idealnya, sebuah judul email yang akan kamu kirimkan haruslah padat dan jelas serta mudah dimengerti. Juga, disarankan agar judul tidak menggunakan lebih dari 10 kata. Penggunaan judul yang terlalu panjang dikhawatirkan akan mengacaukan konsentrasi pembaca dan membuat email tidak mendapatkan perhatian.

Do: 94 persen pemasar menyukai template email ini
Don’t: Kamu bertanya kepada audiens kami, template email mana yang mereka senangi. Inilah temuan kami.

Gunakan kata kerja

Klik, Ikuti, Kunjungi, Bangun, Kembangkan, Cari, Terima, Mulai, dan Unduh adalah semua kata kerja yang dapat mengajak penerima untuk bertindak segera setelah mereka membaca emaildarimu. Dengan mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu, kamu secara tidak langsung telah memberikan sugesti kepada mereka untuk melakukan hal yang kamu inginkan.

Do: Unduh template email terbaru dari kami!
Don’tTemplate email ada di dalam

Gunakan statistik dan fakta yang kamu miliki

Masyarakat menyenangi fakta, dan semakin banyak fakta serta data statistik yang mendukung informasi yang kamu sajikan, akan lebih baik. Dengan memanfaatkan data yang kamu punya, kamu dapat membuat sebuah judul yang akan menarik pembaca — yang akan memancing mereka untuk membuka serta membaca email yang telah kamu kirim.

Namun perlu diperhatikan, bahwa penggunaan fakta ini haruslah dari sebuah sumber yang kredibel atau hasil penelitianmu sendiri. Kamu tidak ingin pembaca malah mengkritisimu karena mereka menemukan data yang tidak valid.

Do: 87 persen pemasar sukses telah membaca buku ini
Don’t: Para pemasar sukses telah membaca buku ini

Tulis dengan jelas

Ketika membuat sebuah judul email, tulislah layaknya manusia normal dan hindari bahasa yang sekiranya akan membingungkan pembaca. Juga, yakinkan kembali tidak ada typo/ saltik serta kesalahan lainnya. Anggap bahwa dengan judul yang kamu tulis tersebut, pembaca akan mampu untuk mengetahui apa yang berusaha kamu sampaikan.

Do: Menindaklanjuti perihal penambahan data Anda
Don’t: Tindak lanjut penambahan data

Lakukan personalisasi

Untuk menciptakan interaksi yang menarik antara kamu sebagai pembuat email dengan penerima, buatlah sebuah judul email yang dikhususkan untuk para penerima. Mereka akan tersanjung, karena setiap email akan diperlakukan secara eksklusif, tidak seperti email bulkpada umumnya.

Kamu juga dapat melakukan personalisasi email menggunakan beberapa detail seperti nama dan jabatan penerima email untuk mendapatkan perhatian mereka.

Do: Mike, informasi yang kamu minta sudah tersedia
Don’t: Para pemasar, inilah informasi yang telah Anda minta

Langsung ke pokok permasalahan

Apabila kamu adalah tipikal seseorang yang tidak pandai merangkai kata-kata cerdas atau inspirasional untuk judul email, kamu hanya cukup menyatakan apa yang ingin kamu sampaikan dalam email tersebut.

Walau terkadang judul yang terlihat cerdas dan inspirasional dapat menarik lebih banyak perhatian dari pembaca, judul email yang langsung ke pokok permasalahan ternyata terbukti efektif pada beberapa kasus — terutama jika penerima email kamu bukan orang yang senang berbasa-basi.

Do: Ya, ini adalah sebuah inisiasi crowdfunding
Don’t: Kami membutuhkan bantuan Anda (mohon dibaca)

Libatkan aspek emosi

Sama seperti sebuah judul artikel, judul email juga seharusnya dibuat dengan melibatkan emosional penulisnya. Ini bukan berarti kamu harus membuat pelangganmu marah atau sedih.

Sebaliknya, pelangganmu ingin tahu bahwa konten yang mereka dapat dalam email mereka akan meningkatkan standar hidup mereka atau mempermudah situasi yang mereka hadapi. Apabila kamu juga dapat memberikan bonus kepada pembaca keceriaan serta keseruan, mereka akan jauh lebih mencintaimu.

Walaupun tidak mudah untuk menggambarkannya ke dalam bahasa, emosi ternyata adalah salah satu kunci apabila kamu menginginkan lebih banyak orang yang membuka email yang kamu kirim.

Judul yang kamu buat tidak harus kompleks atau inspiratif, tetapi kamu harus mencoba beberapa variasi emosional seperti:

Sense of Urgency

Kamu dapat membuat pembaca email melakukan sebuah tindakan dengan cepat apabila pesan yang kamu sampaikan bersifat terbatas waktu.

Beberapa taktik yang dapat digunakan adalah:

  • Menggunakan deadline (Cepat, sebelum kamu kehabisan waktu!),
  • “Menakuti” pelanggan akan stok yang menipis (Lakukan reservasi sekarang agar tidak kehabisan tempat)
  • “Memaksa” pembaca dengan memberikan dampak negatif yang dihasilkan apabila email tersebut tidak dibaca (Jangan biarkan klien membunuh bisnismu!)

Keingintahuan

Sedikit misteri ternyata bisa memicu keingintahuan pembaca. Beberapa pendekatan yang dapat kamu lakukan antara lain:

  • Pendekatan cliffhanger, di mana kamu tidak langsung memberikan semua informasi kepada pembaca (Kami berhasil meningkatkan penjualan hingga 10 kali lipat dalam tiga bulan dengan menggunakan__)
  • Pancing dengan hasil akhir, sehingga pembaca ingin mengetahui awal mula cerita (Bagaimana kami dapat menjual seluruh stok kami dalam 3 bulan)
  • Membuka pertanyaan kepada audiens dan ungkap jawabannya di dalam email (Menjawab kebutuhan Anda, produk terbaru kami kini telah siap digunakan)

Kehebohan

Kamu dapat menciptakan kehebohan di kalangan pembaca ketika mereka membaca emaildengan judul yang memiliki kata kerja yang kuat, seperti:

“Raih lead lebih efektif dengan tip dari ahli pemasaran.”

Kamu juga dapat memberikan kesan eksklusif pada konten di mata pembaca, seperti:

“Psst, produk akan segera hadir! Jangan bilang siapa-siapa ya!”

Dan tentu saja, kamu dapat mengajukan penawaran yang tidak dapat mereka tolak, seperti:

“84 persen bisnis telah berhasil mengembangkan diri mereka dengan tip berikut”

Keriangan

Apabila kamu dapat membuat audiensmu merasakan kebahagiaan, mereka pasti akan mengingatmu. Kamu dapat memicu keriangan dengan humor, atau dengan memberikan pembaca sebuah kesempatan untuk melakukan hal yang menurut mereka benar.

Beberapa contoh judul email yang dapat kamu gunakan untuk memicu keriangan, antara lain:

  • Kamu ingin menghasilkan Rp10 juta selama sebulan? Template ini akan mengubah hidupmu!
  • Kesalahan marketing berikut ini akan melukai bisnis Anda
  • Terima kasih atas dukungan Anda!

Dengan menggunakan beberapa taktik di atas, kamu dapat meningkatkan angka pembaca yang membuka email kamu serta konversi audiens. Tetapi jangan berhenti sampai di sini. Ujikan judul email yang kamu buat sepanjang waktu agar kamu betul-betul mengerti, formula mana yang benar-benar bekerja pada audiensmu.

 

Sumber : https://id.techinasia.com

No Comments

Post a Comment