Top

Tips untuk Optimalkan Kinerja Smartphone Androidmu

inimedia-tips-untuk-optimalkan-kinerja-smartphone-androidmu

Tips untuk Optimalkan Kinerja Smartphone Androidmu

Smartphone dengan platform Android hampir dipakai oleh semua kalangan. Alasannya karena perangkat ini tersedia dari harga yang menengah hingga premium. Namun, sering kali pemakaiannya untuk kegiatan sehari-hari membuat kinerjanya menurun bahkan melambat.

Bila smartphone sudah mengalami lemot atau lama saat digunakan, pasti akan membuatmu jengkel bahkan penat, terutama bila kamu membutuhkan kinerja terbaiknya di saat-saat tertentu.

Tech In Asia Indonesia akan memberikan beberapa tip untuk mengatasi smartphone Android kamu yang mulai lemot.


Menggunakan layanan cloud untuk backup data

Ketimbang menumpuk seluruh file yang ada ke dalam memori internal atau eksternal yang dapat memengaruhi performa sistem secara keseluruhan, mengapa kamu tidak mencoba menggunakan berbagai layanan cloud hostinguntuk menyimpan file?

Memori internal memang sebaiknya dimanfaatkan seminimal mungkin, karena sering kali memori internal digunakan oleh sistem untuk menyimpan berbagai file yang dibutuhkan oleh sistem dalam menjalankan aplikasi dan sistem operasi. Semakin banyak ruang kosong di memori internal, semakin optimal pula performa dari sebuah smartphone.

Pastikan smartphone kamu up-to-date

Jika kamu baru saja membeli smartphone Android, mungkin saja kamu belum menggunakan sistem operasi terbaru di smartphone kamu — karena beberapa smartphone harus melakukan pembaruan sistem operasi secara manual.

Salah satu penyebab lambatnya performa dari smartphone kamu adalah kurangnya optimalisasi di sistem operasi. Dengan memperbarui sistem operasi, smartphone akan lebih optimal dan bekerja dengan mulus.

Walaupun beberapa smartphone dapat memperbarui sistem operasi secara otomatis, tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek pembaruan secara manual.

Masuk ke Pengaturan (Settings) > Tentang Telepon (About Phone) > Pembaruan (Software Update).

Hal yang sama juga dapat kamu lakukan pada aplikasi yang ada pada smartphone kamu, dengan membuka Play Store > My Apps & Games > dan klik Update All apabila masih ada aplikasi yang belum terbarukan.

Menggunakan custom ROM

Langkah ini dapat kamu lakukan apabila memang sistem operasi bawaan smartphone terasa terlalu memberatkan sistem, atau kamu ingin memanfaatkan ruang kosong lebih banyak pada memori internal smartphonekamu. Kamu dapat menggunakan custom ROM untuk menggantikan sistem operasi bawaan smartphone, hanya saja hal ini tidak semudah melakukan instalasi aplikasi biasa.

Kamu harus mengerti beberapa aspek sebelum menggunakan custom ROM, seperti:

  • Bagaimana cara root/superuser bekerja.
  • Pemilihan custom ROM yang cocok untuk smartphone.
  • Bagaimana cara instalasi custom recovery.
  • Bagaimana cara melakukan flashing.

Apabila kamu belum paham betul tentang hal-hal di atas, saya tidak akan menyarankan kamu untuk melakukannya — untuk mencegah smartphonekamu mati total karena kesalahan sendiri.

Mematikan atau mengurangi fitur sinkronisasi otomatis

Tidak sedikit dari pengguna yang menggunakan beberapa akun Google pada sebuah smartphone, dan apabila upaya sinkronisasi otomatis dari akun berjalan secara bersamaan, ini sudah pasti akan membuat smartphonekamu bekerja lebih berat — dan menjadikannya lambat. Sinkronisasi (Sync) adalah upaya untuk menarik data baru dan menyajikannya kepada pengguna — yang sudah tentu menggunakan internet dan menguras bateraimu.

Kamu dapat mengakses pengaturan sinkronisasi di Settings (Pengaturan) > Accounts (Akun) > Auto-sync (Sink. Otomatis). Bagi beberapa orang yang tidak mau mematikan sinkronisasi otomatis, kamu dapat mengurangi frekuensi sinkronisasi pada aplikasi yang kamu gunakan atau menghapus akun Google yang tidak kamu perlukan.

Periksa memori yang tersedia

Alasan utama kinerja smartphone Android melambat adalah banyaknya aplikasi yang diunduh pengguna sehingga membuat ruang penyimpanan sedikit tersisa. Batas minimal untuk kinerja Android tanpa hambatan adalah dua puluh persen. Jadi bila smartphone Anda memiliki kapasitas penyimpanan 8 GB, maka harus tersedia sekitar 1 GB memori yang tidak terpakai.

Bila ternyata smartphone kamu sudah hampir memenuhi memori, maka ada beberapa cara yang kami sarankan:

  • Uninstall aplikasi yang tidak terpakai.
  • Bersihkan cache dan hapus junk file dengan masuk ke Pengaturan, lalu ke Storage atau Penyimpanan. Kemudian kamu tinggal menekan Cached Files dan klik OK untuk membersihkan.
  • Kami tidak menyarankan pemasangan aplikasi dengan tujuan untuk membersihkan junk atau cache file. Alasannya adalah aplikasi tersebut juga akan memenuhi memori dan menurunkan kinerjanya.
  • Rapikan file yang berukuran besar, seperti musik dan foto. Atau kamu juga bisa melakukan back-up file tersebut ke dalam laptop atau menggunakan layanan cloud gratis seperti Dropbox.

Menghapus widget yang berlebihan

Beberapa pengguna cenderung memilih memasang widget dengan alasan mempermudah akses ke aplikasi yang dituju. Memang benar demikian, namun bila lebih dari tiga widget terpasang pada homescreen smartphone kamu, hal tersebut malah justru akan mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri. Terlebih pada widget yang menggunakan third party launcher seperti news aggregator Babe.

Jika smartphone kamu termasuk yang menggunakan banyak widget, maka pilihlah secara bijaksana widget yang paling bermanfaat untukmu.

Menggunakan aplikasi launcher pihak ketiga

Tujuan pemasangan launcher adalah mempercantik dan kustomisasi perangkat sesuai dengan kemauan pengguna. Sayangnya, penggunaan launcher ini tidak jarang malah menjadi penyebab menurunnya kinerja Android. Ini disebabkan karena tidak sesuainya berbagai pengaturan yang ada pada launcher yang digunakan sehingga memakan banyak daya dan kapasitas memori dari smartphone.

Walau penggunaan launcher bawaan smartphone tetap kami rekomendasikan — karena telah dioptimalkan untuk smartphone tersebut — tetapi pada beberapa kasus justru launcher pihak ketiga-lah yang dapat bekerja dengan optimal — karena ringan dan dapat dikustomisasi. Beberapa launcher pihak ketiga terbaik yang dapat kamu pilih antara lain: Apex Launcher, Nova Launcher, dan Google Now Launcher.

Ketahui ruang kosong yang terpakai aplikasi

Setiap melakukan instalasi aplikasi, kamu dapat memeriksa Setting untuk mengetahui kapasitas memori yang kamu miliki, instalasi aplikasi ke memori internal/external, atau penggunaan jatah RAM dari sebuah aplikasi. Perlu diingat bahwa kapasitas RAM yang tersedia akan sangat mempengaruhi kinerja smartphone, semakin tinggi RAM yang tersedia maka smartphone akan semakin aman dari sebutan ‘lemot’.

Terlebih bagi Anda yang hobi bermain game melalui smartphone. Akan lebih baik bagi kamu untuk memilih smartphone dengan kapasitas RAM di atas 2 GB. Anda juga dapat menambah memori eksternal dan memindahkan aplikasi pada memori internal ke memori eksternal agar kinerja smartphone terjaga.

Smartphone jarang di-restart

Cara ini paling mudah digunakan dan diaplikasikan. Dengan restart, kinerja smartphone bisa kembali normal. Atau Anda dapat melakukan restart setelah mempraktikan beberapa tip yang telah kami sebutkan di atas.


Bila langkah-langkah di atas telah kamu lakukan, namun tidak ada perubahan pada smartphone kamu, maka pertimbangkan untuk memiliki smartphonedengan sistem Android terbaru.

 

Sumber : https://id.techinasia.com

No Comments

Post a Comment