Top

Kolaborasi Butterfly IQ dan iPhone Mampu Deteksi Kanker

inimedia-kolaborasi-butterfly-iq-dan-iphone-mampu-deteksi-kanker

Kolaborasi Butterfly IQ dan iPhone Mampu Deteksi Kanker

Tanpa diduga, sel kanker bisa menyerang siapa saja dan setelah muncul gejala, penyakit yang satu ini baru diketahui keberadaannya. Hal tersebut juga terjadi pada seorang dokter bedah vaskular asal Amerika Serikat bernama John Martin. Uniknya, ia menemukan sendiri sel kanker di dalam tubuhnya berkat bantuan aksesori Butterfly IQ dan iPhone miliknya.

Awal mula Martin menemukan kanker di dalam tubuhnya karena ia merasakan ada sebuah benjolan di tenggorokannya. Hal yang mendorong ia untuk memeriksa benjolan tersebut karena adanya rasa nyeri. Tidak pikir panjang, ia segera mengambil aksesori ultrasonik Butterfly IQ yang sudah terhubung dengan iPhone miliknya, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan.

Melalui layar iPhone miliknya, Martin melihat adanya benjolan yang tidak beraturan di dalam tenggorokannya. Ia memang bukan dokter spesialis kanker, namun ia yakin bahwa benjolan yang dilihatnya merupakan sesuatu yang tidak normal. Lantas ia berkonsultasi dengan dokter spesialis kanker, dan ia baru menyadari bahwa benjolan yang dlihatnya adalah sel kanker.

Aksesori Butterfly IQ sendiri kembangan oleh perusahaan bernama Butterfly Network. Aksesori ini praktis untuk dibawa kemana saja, karena ukurannya yang cukup kecil atau seukuran mesin cukur. Meski alat ini berukuran kecil, namun fungsinya sangat membatu dalam dunia medis.

Alat yang sudah dikembangkan sejak tahun 2009 ini berbeda dengan mesin ultrasonik konvensional yang memanfaatkan kristal untuk memantulkan suara. Keunggulan dari alat ini karena ia menggunakan chip semikonduktor yang memiliki ribuan lempeng kecil untuk memancarkan gelombang. Karena bahan yang digunakan berbeda dengan mesin ultrasonik konvensional, wajar bila aksesori ini dibanderol seharga 1.999 USD (Rp2,7 jutaan). Sementara mesin USG saat ini harganya mencapai 10 kali lipatnya.

Dengan harga yang lebih terjangkau, serta memiliki fungsi yang cukup membantu di dunia medis, tentu Butterfly IQ ini bisa menjadi solusi yang lebih murah bagi rumah sakit yang membutuhkan.

 

Sumber : https://www.beritateknologi.com

No Comments

Post a Comment