Top

Berbeda dengan GO-PAY Uber Miliki Layanan Dompet Digital

inimedia-berbeda-dengan-go-pay-uber-miliki-layanan-dompet-digital

Berbeda dengan GO-PAY Uber Miliki Layanan Dompet Digital

Pada tanggal 23 Oktober 2017 kemarin, Uber mengumumkan peluncuran fitur pembayaran baru yang bernama Uber Gift Card. Fitur tersebut pun menjadi alternatif metode pembayaran untuk menggunakan berbagai layanan Uber, selain pembayaran dengan uang tunai dan kartu kredit yang telah bisa dimanfaatkan pengguna mereka selama ini.

Uber Gift Card sendiri sebenarnya serupa dengan fitur pembayaran non tunai yang dimiliki pesaing mereka, yaitu GO-PAY dan GrabPay. Ada sejumlah saldo yang secara otomatis akan terpotong setiap kali kamu selesai melakukan perjalanan. Kamu bisa membeli “saldo” Uber Gift Card senilai Rp10 ribu hingga Rp500 ribu lewat aplikasi Uber.

Fitur pembayaran baru ini telah bisa digunakan oleh para pengguna Uber di 34 kota di Indonesia. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai layanan yang disediakan Uber, termasuk layanan kurir UberDELIVER yang baru mereka luncurkan di Surabaya.

Hanya bisa “mengisi saldo” lewat Tokopedia

Namun sesuai namanya, Uber Gift Card yang kamu beli hanya bisa diberikan kepada pengguna lain. Uber tidak memungkinkan kamu untuk melakukan “isi ulang saldo” Uber Gift Card untuk akun kamu sendiri, apabila kamu melakukan pembelian lewat aplikasi Uber.

Lalu bagaimana kalau kamu ingin mengisi saldo di akun kamu sendiri? Untuk itu, Uber pun menggandeng Tokopedia sebagai mitra e-commerce resmi Uber Gift Card. Kamu kini telah bisa membeli voucer Uber Gift Card di situs dan aplikasi mobile Tokopedia, untuk mengisi ulang saldo di akun kamu.

Sebelumnya, Uber dan Tokopedia pun telah menjalin kerja sama dan memungkinkan para pengguna untuk memesan layanan Uber lewat aplikasi Tokopedia. Layanan ini pun mempunyai fitur pembayaran berbentuk voucer yang bernama Tokopedia Uber Voucher.

Uber memang satu-satunya layanan transportasi online di Indonesia yang sejauh ini belum mempunyai dompet digital sebagai fitur pembayaran mereka. Kehadiran Uber Gift Card jelas memungkinkan pengguna mereka untuk menikmati kemudahan yang biasa dinikmati oleh pengguna GO-PAY maupun GrabPay Credits.

Meskipun menyajikan kemudahan, namun layanan dompet digital yang digunakan berbagai startup besar di tanah air akhir-akhir ini justru menarik perhatian Bank Indonesia (BI) sebagai regulator. Para startup diharapkan untuk bisa menonaktifkan beberapa fitur di layanan tersebut, sampai mereka mendapatkan lisensi dari BI.

Hasilnya, TokoCash milik Tokopedia, ShopeePay milik Shopee, BukaDompetmiliki Bukalapak, Paytren, hingga GrabPay Credits milik Grab pun telah menonaktifkan fitur isi ulang saldo di berbagai layanan tersebut. GO-PAY tidak mengalami larangan tersebut karena mereka telah mengakuisisi salah satu perusahaan pemegang lisensi e-money yang bernama MVCommerce.

 

Sumber : https://id.techinasia.com

No Comments

Post a Comment