Top

Tak Perlu Nama Ibu Saat Registrasi Kartu SIM Selular

inimedia-tak-perlu-nama-ibu-saat-registrasi-kartu-sim-selular

Tak Perlu Nama Ibu Saat Registrasi Kartu SIM Selular

Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo No 14 Tahun 2017 pelanggan telekomunikasi yang akan atau telah memiliki SIM Card wajib melakukan registrasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Aturan tersebut berlaku pada 31 Oktober 2017.

Operator diwajibkan untuk menyelesaikan proses validasi ke Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) hingga 28 Februari 2018. Pada saat melakukan registrasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan bahwa registrasi tak perlu menginput data nama ibu kandung.

Dalam keterangan resmi Kominfo baru-baru ini, sosialisasi dilakukan dalam rangka memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Menunjuk Peraturan Menkominfo No 21 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menkominfo No. 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, bersama ini disampaikan bahwa dengan mempertimbangkan perlindungan terhadap informasi yang bersifat pribadi dan dalam rangka memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat maka :

1. Registrasi pelanggan jasa telekomunikasi tidak memerlukan data nama ibu kandung.

2. Didalam proses registrasi, pelanggan dan/atau calon pelanggan Prabayar hanya perlu mengirimkan SMS ke 4444 dengan format tertentu yang berisi data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga yang sah.

3. Agar masyarakat melakukan registrasi sendiri atau melalui gerai resmi operator.

4. Dengan registrasi ini akan meningkatkan perlindungan data pribadi, sebagaimana telah diatur dalam peraturan terkait.

5. Pelanggan jasa telekomunikasi dapat menghubungi call center masing-masing operator apabila dibutuhkan keterangan.

 

Sumber : https://techno.okezone.com

No Comments

Post a Comment