Top

Penat Ngoding ? Usir dengan Efek Keyboard Jadul Ini

inimedia-kreatif-penat-ngoding-usir-dengan-efek-keyboard-jadul-ini

Penat Ngoding ? Usir dengan Efek Keyboard Jadul Ini

Halo coders? Di tengah-tengah rutinitas ngoding, pasti kalian akan mengalami berbagai macam perubahan mood. Tergantung dari bagaimana kodemu bekerja, bukan? Saat program berjalan dengan benar, senangnya minta ampun. Tapi kalau lagi tracking invisible bugs, pusingnya juga minta ampun.

Percaya atau tidak, saat sedang menemukan masalah atau bug, kita terkadang akan bertindak konyol.  Nah, untuk mendukung aksi konyolmu kalau lagi kambuh, kamu bisa coba berikut:

Membuat Keyboard Bersuara Seperti Mesin Ketik

Masih ingat tidak keyboard jadul jaman dulu? Yang bersuara keras? Mirip mesin ketik? Atau bahkan di antara kamu ada yang pernah menggunakannya?

Berbeda banget kan dengan keyboard jaman sekarang. Keyboard jaman sekarang sangat smooth dan tipis, ringan. Suaranya pun ramah di telinga. Sehingga tidak perlu menganggu orang lain, atau pun kita bisa tetep ngoding di malam hari tanpa harus membangunkan orang-orang yang tidur. Bayangkan kalau jaman dulu ada programmer yang kebut deadline? Betapa suaranya akan menggelegar kemana-mana.

Ok. Kalau kamu beneran ingin iseng-iseng gangguin rekan kamu di sebelah sambil nostalgia, maka software berikut ini akan membuat efek suara keyboard kamu seperti keyboard jaman dulu!

Bucklespring

Software ini berjalan di belakang layar dan akan membunyikan suara keyboard jadul apa bila tuts-tuts keyboard ditekan. Benar-benar seperti kita menggunakan keyboard lama.

Cara memasang

Jika kalian pengguna Ubuntu, maka kalian sedang beruntung. Memasangnya tidak sulit, kalian bisa menggunakan snap package manager.

sudo snap install bucklespring

Atau kalian juga bisa menggunakan apt-get milik debian.

Dan jika kalian pengguna arch linux, it’s always easy to install something. Tinggal pake yaourt, dan software bucklespring akan terinstall.

yaourt -S bucklespring-git

Dan bagi pengguna distro linux lainnya atau pengguna OS yang lain, kalian bisa mendownload dan mencompile sendiri dari source-codenya. Kalian bisa mengunjunginya di halaman github bucklespring .

On Action

Ok. Setelah terinstall, kita tinggal memanggil dengan perintah buckle jika menggunakan arch linux. Atau jika menggunakan snap ubuntu, jalankan program dengan perintah bucklespring.buckle. Atau dengan perintah ./buckle jika kalian mengcompile sendiri.

Voila! Sekarang setiap kali kalian menekan tuts keyboard, suara bucklespring akan menggema! Seru bukan? Beneran seperti jaman dulu banget!

NB: kalau nostalgianya sudah selesai, kalian bisa menutup aplikasi tersebut dengan perintah Ctrl+c pada terminal kalian.

Good luck!

 

Sumber : https://www.codepolitan.com

No Comments

Post a Comment