Top

Samsung Bikin Emoji Khusus Penderita Gangguan Komunikasi

inimedia-emoji

Samsung Bikin Emoji Khusus Penderita Gangguan Komunikasi

Emoji bisa jadi sarana berkomunikasi untuk kebutuhan khusus. Ide inilah yang mengilhami aplikasi bernama Wemogee.

Dikembangkan oleh Samsung Italia bekerjasama dengan terapis bicara Francesca Polini, Wemogee memanfaatkan ideogram untuk menolong penderita aphasia, yakni gangguan pemrosesan bahasa, yang sulit membaca, menulis, atau berbicara.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu (26/4/2017), Wemogee menggantikan frasa atau kumpulan kata dengan kombinasi emoji yang bisa digunakan sebagai aplikasi berkirim pesan atau interaksi seperti bertatap muka langsung.

“Pasien aphasic memahami emoji karena mereka mengambarkan berbagai aspek emosi. Penggunaan gesture, foto dan ekspresi wajah, berfungsi sempurna dalam pemahaman dan produksi bahasa,” kata Polini.

Sejauh ini, Wemogee baru mendukung bahasa Inggris dan Italia dan tersedia untuk perangkat Android pada 28 April 2017 dan akan menyusul ketersediaan untuk versi iOS setelahnya.

Untuk diketahui, aphasia terjadi karena wilayah otak yang bertanggung jawab memproses bahasa dan bicara, mengalami cedera. Penyebab paling sering dari kelainan ini adalah stroke. Namun aphasia juga bisa terjadi karena tumor otak, cedera otak atau penyakit neurodegenerative.

Berdasarkan asosiasi National Aphasia Amerika Serikat (AS), sekitar dua juta warga AS mengalami gangguan komunikasi semacam ini. Setiap tahunnya, angkanya bertambah sekitar 180 ribu.

Banyak penderita aphasia terbiasa menggambar atau menggunakan kartu gambar untuk berkomunikasi. Nah, Wemogee dirancang untuk memudahkan mereka berkomunikasi dengan cara yang lebih cepat.

Developer Wemogee mengklaim aplikasinya adalah emoji berbasis aplikasi chat pertama yang dirancang untuk memungkinkan penderita aphasia berkomunikasi. Aplikasi ini punya dua mode, yakni visual dan tekstual.

Penderita aphasia menggunakan emoji yang disusun untuk menjelaskan lebih dari 140 kata yang dikelompokkan dalam enam kategori. Wemogee menerjemahkan kombinasi emoji tersebut ke dalam bentuk teks untuk bisa dipahami pengguna yang tidak menderita aphasia, dan menerjemahkan respons balik mereka ke dalam bentuk emoji.

Sumber : inet.detik.com

No Comments

Post a Comment