Top

Pakar IT Imbau Perusahaan Pantau Sistem Keamanan

inimedia-cyber-crime

Pakar IT Imbau Perusahaan Pantau Sistem Keamanan

Telkomsel pagi ini menjadi perbincangan publik. Hal ini disebabkan oleh aksi serangan hacker anonymous pada situs resmi operator telekomunikasi berpelat merah tersebut.

Dalam aksinya, hacker ini mengubah tampilan website dengan logo hacker anonymous dan bermuatan pesan keluhan. Aksi hacker ini diduga hanya sebatas deface atau mengubah tampilan semata. Hal ini dijelaskan oleh pakar keamanan IT CISSReC, Pratama Persadha.

Menurutnya, peretas hanya ingin menunjukkan eksistensinya di depan publik.

“Semoga saja hanya deface. Sepertinya hacker ini ingin menunjukkan eksistensinya. Kalau misalkan serius, peretasan bisa jadi dari negara-negara tertentu. Mereka akan masuk ke dalam sistem dan mencuri konten serta data. Kemudian meletakkan eksploit agar sewaktu-waktu bisa masuk kembali tanpa diketahui,” ungkapnya.

Kendati demikian, Pratama juga mengingatkan bahwa jika peretas telah bisa masuk melalui cara deface, bukan berarti tak ada kemungkinan untuk mengakses ke dalam sistem dan melakukan pencurian data. Oleh karena itu, ia mengimbau agar admin IT terus memantau log file yang terdapat di sistem.

“Kenyataannya memang terlihat seperti aman-aman saja, tetapi kalau lihat log file-nya bisa ketahuan ada apa saja. Sehingga jika suatu saat ada serangan bisa diketahui melalui log file tersebut,” imbuhnya. Ia pun berharap perusahaan bisa lebih sadar kembali akan sistem keamanannya.

“Ini perusahaan besar. Bagaimana kalau perusahaan-perusahaan yang kecil. Seharusnya ada awareness dan tanggung jawab dari perusahaan untuk bisa mengamankan data,” tutup Pratama.

sumber : techno.okezone.com

No Comments

Post a Comment