Gamer di Seluruh Dunia Akan Bantu Ilmuwan Temukan Bumi Baru

inimedia-bumi-baru

Gamer di Seluruh Dunia Akan Bantu Ilmuwan Temukan Bumi Baru

Di tengah penemuan eskoplanet baru bernama super earth LHS 1140b, sebuah proyek crowdsourcing ilmiah unik akan segera dimulai untuk pencarian planet baru lainnya.

Juni 2017, sebuah kolaborasi antara pengembang game, CCP Games, Massively Multiplayer Online Science (MMOS), University of Reykjavik, dan University of Geneva akan memungkinkan para pemain ‘EVE Online’ untuk menyaring data astronomi dunia nyata dan menemukan planet eksoplanet baru.

‘EVE Online’ adalah game berjenis role-playing massive mulitplayer. Dunia EVA yang sangat kompleks dan rumit terdiri dari 7.800 sistem bintang yang lebih dari setengah juta pemain di seluruh dunia terlibat dalam kegiatan seperti eksplorasi, pertambangan, manufaktur, perdagangan, pertarungan, dan pembajakan.

Pada 2013, game ini berada di peringkat ke-12 pada daftar PC Gamer dari 100 Games Terbesar Sepanjang Masa. Pada 2015, ‘EVE Online’ meluncurkan Project Discovery, yakni bagian terpadu dari permainan yang memungkinkan komunitas EVE bekerja sama untuk memberi manfaat bagi sains dan kedokteran dunia nyata.

Daya komputasi manusia ini sangat berharga untuk pengolahan sejumlah data besar yang tidak dapat ditangani oleh algoritma komputer. Pengolahan data manusia diperlukan dalam contoh seperti mengklasifikasikan gambar ke dalam kategori yang berbeda atau menunjukkan anomali.

Misalnya, menemukan bintang dalam gambar langit malam. Non-ahli dapat belajar melakukan tugas seperti itu dengan mahir, minimal hanya dengan pelatihan berbasis contoh.

Proyek pertama yang memanfaatkan kekuatan komunitas ‘EVE Online’ adalah Atlas Protein Manusia yang ratusan ribu pemain membantu mengklasifikasikan protein dari database besar yang membantu ilmuwan memahami fungsi protein dalam sel manusia.

Dalam pengklasifikasian tersebut, sejumlah pemain diektahui hanya memerlukan waktu selama tiga minggu untuk menghasilkan lebih dari 25 juta klasifikasi gambar.

European Space Agency saat ini akan memberi akses kepada pemain EVE untuk melihat 167.000 gambar kurva ringan yang dikumpulkan oleh satelit CoRoT. Gambar tersebut mendokumentasikan perubahan kecil dalam cahaya setiap kali sebuah planet lewat di depan bintang di sekelilingnya.

Dengan mengukur kedalaman cahaya dan mengetahui ukuran bintang, ilmuwan dapat menentukan ukuran atau radius planet tersebut. Periode orbital planet tersebut dapat ditentukan dengan mengukur waktu yang telah berlalu antara waktu transit.

Pemain akan memiliki akses ke alat yang akan membantu mereka untuk menghilangkan noise di gambar dan mengidentifikasi transit calon eksoplanet. Setidaknya lima pemain akan dikirim ke Universitas Jenewa untuk analisis lebih lanjut oleh para ilmuwan, termasuk ilmuwan astrofisika Michel Mayor.

Michel Mayor adalah orang yang pertama kalinya menemukan eksoplanet di luar tata surya pada 1995. Begitu kumpulan data dari CoRoT selesai, game ‘Eve Online’ akan ditambahkan kumpulan data baru dari Kepler, observatorium ruang NASA, yang bertanggung jawab untuk menemukan planet yang berpotensi menopang kehidupan dalam sistem Trappist-1.

sumber : techno.okezone.com