Top

Ini Cara Google Temukan Aplikasi Berbahaya

inimedia-google

Ini Cara Google Temukan Aplikasi Berbahaya

Android memiliki pengaturan keamanan yang disebut Verify Apps. Layanan ini secara teratur memeriksa aktivitas mencurigakan di perangkat Anda dan memindai aplikasi yang baru di-install untuk memberi tahu Anda tentang software yang berpotensi membahayakan.

Seperti dilaporkan Phone Arena, Jumat (20/1/2017), ratusan ribu perangkat Android yang dipindai oleh Verify Apps setiap hari sebagai bagian dari pemerikasaan sistem berkala, serta mengetahui berapa banyak aplikasi yang terpasang dari sumber selain Google Play. Tapi kemudian ada perangkat terisolasi untuk satu alasan atau lainnya tidak bisa dipindai oleh Verify Apps.

Perangkat berjuluk Dead or Insecure (DOI) di smartphone Android dantablet itu tidak bisa diakses oleh sistem keamanan. Misalnya, alat tersebut tidak bisa terinfeksi malware yang mencegah Verify Apps melakukan tugasnya.

Setelah perangkat menjadi menjadi DOI bisa digunakan untuk mengindentifikasi aplikasi berbahaya yang diinstal dari sumber tak dipercaya dan ditandai dengan tepat. Contohnya jika Anda meng-install aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dan telefon secara berkala memeriksa dengan sistem keamanan, maka itu dianggap sebagai mempertahankan perangkat. Jika tidak, itu dianggap DOI.

Google kemudian menggunakan persentase perangkat ditahan dan DOI setelah meng-install sebuah aplikasi untuk menghitung probabilitas itu menjadi salah satu yang berbahaya. Aplikasi dengan tingkat penahanan rendah dan tingginya jumlah pemasangan kemudian diperiksa lebih lanjut untuk perangkat tertentu. Kemudian setelah aplikasi yang berpotensi berbahaya telah diidentifikasi, Verify Apps kembali lagi untuk menghapus instalasi yang ada dan mencegah orang-orang di masa depan.

No Comments

Post a Comment